Inilah Tips Merawat Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Bangunan rumah yang paling sering menggunakan batu alam adalah bagian dinding dan pagar. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan batu alam untuk membuat dinding rumah adalah harus menentukan pola dan ukurannya lebih dulu. Karena batu alam punya ukuran dan bentuk yang berbeda-beda, tidak seperti keramik atau batu bata yang selalu sama.

Selain itu, perekat atau semen yang digunakan untuk penempelan juga harus menggunakan semen dari jenis yang khusus untuk melakukan pekerjaan ini. Komposisi campuran pasir yang dipakai untuk membuat adonan juga harus tepat sehingga batu bisa menempel lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Cara lain yang bisa dilakukan agar batu alam bisa melekat lebih kuat adalah dilakukan perendaman lebih dulu di dalam air selama beberapa jam. Selain untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran terutama lumpur, perendaman sekaligus membuat pori-pori dalam batu bisa menutup ketika dilakukan proses penempelan.

Sedangkan untuk perawatan, batu alam untuk dinding tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Jika ada kotoran yang menempel kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding tersebut. Namun jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.

Jika perlu sebelum dilakukan penyikatan dinding tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur dengan sabun. Setelah disikat bersih dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.

Kemudian untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya setelah proses pemasangan selesai batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu alam yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Inilah Tips Merawat Batu Alam Untuk Dinding Rumah"

Posting Komentar